Elaborasi Konsep Hilirisasi pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti dan PD. Kebersihan Kota Bandung

Oleh: Muhammad Yasser Arafat . 18 April 2019 . 10:50:00

Berawal dari survei karya inovasi 2018 oleh Pusat Inovasi UNG pada Desember 2018 lalu. Survei tersebut berhasil menjaring beberapa hasil penelitian dosen yang memiliki potensi inovasi. Setelah melalui beberpa pertimbangan, terpilihlah dua karya penelitian dosen UNG yang rencananya akan didorong untuk hilirisasi. Karya hasil penelitian tersebut adalah Teknologi Basmingro karya Bapak Ir. Rully Tuiyo, M.Si, dan Teknologi Biodigester karya Ibu Jumiati Ilham ST, MT.

Sebagai langkah awal proses hilirisasi untuk dua karya yang dimaksud, Pusat Inovasi UNG mencoba melakukan elaborasi pada PD. Kebersihan Kota Bandung dan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti (8 s/d 11 April 2019). Melalui elaborasi ini diharapkan para inovator memperoleh informasi penting sehingga dapat menyusun langkah-langkah stategis menuju hilirisasi hasil penelitian yang telah dikembangkan.

Sharing Knowledge ke PD. Kebersihan Kota bandung

Diskusi tentang teknologi biodigester bersama staf PD Kebersihan kota Bandung

Berkunjung ke PD. Kebersihan Kota Bandung merupakan salah satu target elaborasi. Kedatangan tim disambut langsung oleh Kepala Seksi Tata Usaha PD. Kebersihan Kota Bandung bapak Hangga Tri Saputra, ST. Kesempatan ini digunakan untuk sharing knowladge dalam bentuk diskusi terkait dengan teknologi biodigester yang terdapat pada PD. Kebersihan Kota Bandung. Kurang lebih 2 jam diskusi alot berlangsung sedikitnya membahasa tentang konstruksi biodigester (kapasitas), cara kerja biodigester, limbah biodigester, pemeliharaan teknologi biodigester, manajemen pengelolaan sampah di kota Bandung.

Gas metan yang dihasilkan oleh biodigester disalurkan ke kompor-kompor kantin yang ada di PD Kebersihan Kota Bandung

Kunjungan ke Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti

Tim disambut langsung oleh bapak Direktur Inovasi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti

Elaborasi ke Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jakarta disambut langsung oleh Direktur Inovasi Industri, Bapak Ir. Santoso Yudo Warsono, MT bersama dua stafnya. Diskusi terhadap karya inovasi dua Dosen UNG dilakukan secara parsial berlangsung kurang lebih 3 jam. Diskusi tersebut sedikitnya membahas mengenai hal-hal yang mesti inovator penuhi sebelum produk hasil penelitian memasuki dunia industri. Tidak sedikit pengetahuan baru yang diperoleh inovator dan tim mengenai proses hilirisasi produk yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Presentasi Produk Basmingro oleh Bapak Rully Tuiyo

Sebagai tindak lanjut dari hasil elaborasi tersebut, Pusat Inovasi Universitas Negeri Gorontalo akan mendampingi proses hilirisasi dua hasil penelitan Dosen tersebut dengan melakukan pemetaan pasar, berkoordinasi dengan pemerintah setempat/industri terkait, serta mendorong tahapan-tahapan proses melengkapi hasil riset dosen hingga benar-benar telah siap untuk dihilirisasi.

 

 

Agenda

10 Oktober 2019

Expo Inovasi 2019

Publikasi karya inovasi civitas UNG

10 Oktober 2019

Workshop Inovasi 2019

(1) pengisian alat ukur tingkat kesiapan inovasi (katsinov) meter (2) Penyusunan proposal calon perusahaan pemula berbasis teknologi (CPPBT)

3 - 4 September 2018

Expo Inovasi

Publikasi hasil inovasi karya Dosen dan Mahasiswa UNG, serta pihak terkait (termasuk indusri) melalui pagelaran expo.

26 April 2018

Sosialisasi Program PIU dan Workshop Inovasi

Tema workshop "Inovasi: Jawaban Menuju Revolusi Industri 4.0".